Metode Pekerjaan Saluran U-Ditch Ruas Jalan Abdurahman Saleh Disoal

Metode Pekerjaan Saluran U-Ditch Ruas Jalan Abdurahman Saleh Disoal
Saluran U-Ditch Jalan Nasional Kota Palu

PALU - Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat ( PUPR ) Dirjen Bina Marga pada Balai pelaksana jalan nasional ( BPJN ) Palu Provinsi Sulawesi Tengah ( Sulteng ) sejak tahun 2019 lalu melaksanakan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi jalan nasional dan juga jalan non nasional yang di bagi dalam 2 paket kontrak.

Paket kontrak pertama yakni ruas jalan nasional dalam Kota Palu melingkupi ruas jalan Pantoloan-Tawaeli, Tawaeli-Kebun Sari, Kebun Sari-Tondo, Tondo-Tanahruntuh, ruas jalan Yosudarso, ruas jalan Abd Rahman Saleh, ruas jalan Basuki Rahmat, ruas jalan Diponegoro, ruas jalan Malonda-Watusampu, ruas jalan Watusampu-Surumana.

Sementara paket kedua yakni jalan non nasional tepatnya di Kabupaten Sigi melingkupi ruas jalan Palupi-Simoro, ruas jalan Biromaru-Palolo serta ruas jalan akses huntap Pombewe.

Kedua paket ini merupakan proyek pasca bencana yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan di Sulawesi Tengah dalam memulihkan infrastruktur yang rusak akibat bencana alam gempa bumi, likuifaksi dan juga tsunami.

Untuk paket kontrak proyek jalan nasional pasca bencana ruas dalam Kota Palu sejak awal dimulainya kegiatan telah memicu beragam argumen masyarakat, seperti metode pekerjaan saluran drainase yang disinyalir dilaksanakan di luar ketentuan, sebut saja misalnya pekerjaan saluran U-ditch ruas jalan Abdurahman Saleh Kota Palu nampak ada perbedaan penulangan untuk struktur dinding saluran mutu beton K250 dengan pekerjaan di ruas Kelurahan Tondo.

Di ruas jalan Abdurahman Saleh mengunakan tulangan untuk struktur dinding saluran U-ditch 6 pembesian, sementara di ruas jalan Kelurahan Tondo atau tepatnya di depan Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Undata nampak jelas hanya mengunakan tulangan untuk struktur dinding saluran U-ditch 5 batang pembesian.

Anehnya lagi, terdapat perbedaan yang mencolok metode pengerjaan Saluran U-ditch yang hanya 4 batang pada struktur dinding saluran tepatnya di Kelurahan Tondo Kota Palu Kecamatan Palu Timur.

Pantauan media ini, selain dugaan ada perbedaan penulangan pada pekerjaan saluran, beberapa ruas jalan dalam Kota Palu untuk lingkup pekerjaan drainase disinyalir meniadahkan beton decking, hal ini nampak jelas pada ruas jalan Kebun Sari - Tondo.

Di ruas ini, terlihat jelas besi tulangan untuk selimut beton langsung menempel ke lantai kerja saluran, tulangannya diduga tidak terselimuti mutu beton K250 sebagaimana prasyarat pengerjaan beton bertulang sistem drainase perkotaan.

Jika melihat secara dekat metode pekerjaan saluran ini, ketahanan serta mutu kontruksi disinyalir terabaikan sehingga dikawatirkan oleh beberapa pihak bahwa umur rencana kegiatan tidak akan tercapai. Sebut Zainudin salah satu toko muda Sulteng pemerhati pembangunan.

Tak hanya itu, pantauan media ini, pekerjaan drainase pasangan batu biasa tepatnya di Kelurahan Tondo Kecamatan Palu Timur Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah nampak aneh sebab jika diperhatikan dengan seksama metode pekerjaannya hanya menempelkan cor dari bagian atas drainase, sementara kontruksi bawah saluran tersebut nampak keropos dan tak layak pakai.

Warga Tondo menyebutkan bahwa pekerja hanya melakukan penempelan dari atas, pondasi yang dulu tidak dibongkar Pak, ini yang jadi pertanyaan kami.

" Mau bertahan berapa lama kalau hasilnya begini, ini kan jalan trans Sulawesi Pak. Tutur warga yang tidak ingin di publis.

Hal yang sama bisa di lihat hasil pengerjaan saluran di ruas jalan Basuki Rahmat, baru berapa bulan selesai dikerjakan sudah ada item yang rusak seperti pinggiran bak penutup saluran dan juga trotoar bahkan masih ada item pekerjaan yang diduga belum selesai dikerjakan.

Terkait hal ini, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Sulawesi Tengah Muh Syukur yang dikonfirmasi mengatakan bahwa akan menindak lanjuti hasil laporan ini dengan menurunkan tim kepatuhan internal.

"Terimah kasih atas laporannya, kami akan memerintahkan tim UKI melakukan investigasi lapangan, " terang Syukur.

Saat media ini minta untuk mendampingi tim UKI Kepala Balai Muh Syukur, menerangkan, ditunggu saja hasil investigasi tim kepatuhan internal Pak, hasilnya akan kami sampaikan kemudian.

Hingga berita ini naik, hasil investigasi tim UKI belum disampaikan.

Tak hanya Kepala Balai BPJN yang dihubungi, media ini melakukan konfirmasi yang ditunjukan ke PPK sebagai penanggung jawab proyek, Rismono yang menerima pesan disinyalir enggan melontar tanggapan dan klarifikasinya hingga berita ini tayang.

Hajatan mulia berbandrol APBN tahun 2019 ini semestinya telah rampung pada bulan Januari tahun 2021 kemarin namun hingga kini proses pekerjaan masih berlangsung.

Menurut Risco yang di temui di lokasi kegiatan menjelaskan, pekerjaan rehab rekon jalan nasional dalam Kota Palu telah diperpanjang hingga bulan April mendatang ( 2021 Red ) 

Untuk ruas jalan Abdurahman Saleh, Risco menjelaskan bahwa pihaknya dalam melakukan pekerjaan tetap mengacu pada petunjuk dan ketentuan yang ada.

" Pekerjaan saluran U-ditch ini sudah sesuai ketentuan dalam gambar yakni untuk tulangan struktur dinding saluran adalah 7 batang, " ujarnya.

General Superintendent Johanes. ST, menjelaskan untuk pekerjaan saluran U-ditch ruas Abdurahman Saleh, Tondo batas Bulog, Silae. Penulangan untuk struktur dinding saluran U-ditch 6 batang untuk type U DS 3a.

"Ruas, Abdurahman Saleh, Tanahruntu batas Bulog dan Ruas jalan Silae dinding saluranya hanya 6 batang tulangan, " terangnya.

Johanes kemudian ditanya soal adanya  pengunaan besi tulangan 8 dan 9 batang di ruas jalan Silae, menurutnya jika ada yang lebih itu kelalaian pekerja dilapangan namun tidak ada kerugian di sini. 

SULTENG Palu
Ilyas I. Pau

Ilyas I. Pau

Next Article

Baru Dibangun, Jalan Lingkungan Ditumbuhi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Subhan Riyadi

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 48

Postingan Tahun ini: 411

Registered: Jan 25, 2021

Yudi Hutriwinata

Yudi Hutriwinata

Postingan Bulan ini: 16

Postingan Tahun ini: 59

Registered: Mar 31, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 13

Postingan Tahun ini: 135

Registered: Feb 4, 2021

Ibnu S. Mattangaran

Ibnu S. Mattangaran

Postingan Bulan ini: 12

Postingan Tahun ini: 46

Registered: Mar 2, 2021

Profle

Junaidi

PSU Pilkada Labuhanbatu Jilid 2, KPU dan Bawaslu Tidak Profesional Hamburkan Uang Negara Milyaran Rupiah
Kabar Gembira Bagi Warga Luwu Utara, Ada Penghapusan Denda Pajak Kendaraan
Kadis Pendidikan Luwu Utara Klaim Kepemilikan Lahan SDN Pombuntang, Kuasa Hukum Subiati : Itu Sertifikat Hak Pakai !
Tahan Imbang Pemain Muda Pra PORPROV Luwu Utara, Kapten All Star Ungkap Hal Ini

Follow Us

Recommended Posts

Jalin Sinergitas Dengan Wartawan, Danlanal Palu Ajak Ngopi Bareng
Ketua FKUB Morowali Kutuk Keras Bom Buduh Diri Gereja Katedral Makassar
Dikbud Kabupaten Morowali Gelar Finalisasi Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah
Pemda Morowali Gelar Isra Mi'raj Nabi Mohammad SAW
Sejumlah Desa Kabupaten Sigi Diterjang Banjir