Pengawasan Lemah, Kualitas Proyek Aspal Sand Sheet Jalan Dewi Sartika VII Disorot

Pengawasan Lemah, Kualitas Proyek Aspal Sand Sheet Jalan  Dewi Sartika VII Disorot
Proyek pengaspalan sand sheet jalan Dewi Sartika VII Kota Palu Foto Istimewa

Palu, Peningkatan jalan lingkungan permukiman Kota Palu, tepatnya di jalan Dewi Sartika VII terkesan dikerjakan asalan tanpa mengindahkan ketentuan yang sudah tercantum dalam kontrak kerja.

Proyek ini melekat pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan ( PKPP ) Provinsi Sulawesi Tengah melalui Bidang PSU tahun anggaran 2020.

Berbandrol APBD I, proyek yang baru Dua bulan selesai pengerjaanya sudah mulai ditumbuhi rumput disisi kanan dan kiri bahu jalan.

Kualitas pekerjaan seperti ini terjadi karena lemahnya pengawasan, Dinas terkait sebagai pemilik proyek harusnya memperhatikan mutu pekerjaan sebab proyek yang dilaksanakan berasal dari rupiah melalui pajak yang dibayarkan masyarakat.

Pantauan media ini,   11/02/21 kondisi jalan lingkungan Dewi Sartika VII cukup memprihatinkan karena aspal sand sheet yang digunakan disinyalir ketebalannya hanya 1 cm.

Seperti diketahui, secara umum jenis pekerjaan lapisan tipis aspal pasir ( Latasir ) yakni kelas A. SS-A atau sand sheet, dengan ukuran nominal agregatnya adalah 9, 5 mm, selanjutnya. Lapisan tipis kelas B dengan ukuran nominal butir agregat adalah 2, 36 mm. Untuk pekerjaan jalan lingkungan permukiman di jalan Dewi Sartika VII, diduga agregat yang dipakai tidak memenuhi ketentuan sehingganya rumput liar mudah tumbuh.

Berdasarkan hasil temuan media dilapangan, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Tengah yang dihubungi 16/02/21 tidak memberikan tanggapan dan klarifikasinya terkait hasil pantauan media dilapangan.

Kepala Dinas PKPP Provinsi memilih untuk tidak menanggapi pertanyaan yang dilayangkan mengenai dugaan buruknya hasil pekerjaan yang jadi tanggung jawabnya itu.

Bagai berbalas pantun, PPTK Helmi Fuadi. ST yang dikonfirmasi terkait rendahnya mutu dan kualitas pekerjaan tidak merespon hingga berita ini naik.

Asril warga sekitar pada media ini 11/02/21 mengungkapkan keprihatinannya terhadap hasil pekerjaan jalan yang baru 2 bulan selesai pelaksanaan.

Seharusnya Kata Asril proyek ini bisa memberikan dampak positif bagi warga yang bermukim di jalan Dewi Sartika VII pasca bencana.

Jalan merupakan sarana transportasi yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari sebagai prasanana dasar yang dapat memacuh geliat ekonomi baru apalagi di masa pandemik saat ini. 

Bagaimana jika kemudian hasil pembangunan yang menelan anggaran puluhan bahkan ratusan juta berkondisi buruk, tentu manfaat pembangunan yang menjadi visi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah tidak tercapai. Urai Anto.

Fungsi pengawasan sebenarnya yang dipertaruhkan saat mutu dan kualitas pekerjaan dibawah standar. Kalau benar fungsi pangawasan dilakukan maka yakin proyek apapun itu pasti hasilnya baik. Tutup Anto Warga Dewi Sartika yang diminta tanggapanya 11/02/21.

SULTENG Dinas PKPP PEMPROV
Ilyas I. Pau

Ilyas I. Pau

Previous Article

Jalan Ruas Binangga Rusak Parah, Butuh Perhatian...

Next Article

BPPW Sulteng Tata RT 03 Kelurahan Petobo...

Related Posts

Peringkat

Profle

Asridal verified

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 34

Postingan Tahun ini: 652

Registered: Jan 25, 2021

Subhan Riyadi

Subhan Riyadi

Postingan Bulan ini: 26

Postingan Tahun ini: 530

Registered: Jan 23, 2021

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 11

Postingan Tahun ini: 138

Registered: Jan 21, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 11

Postingan Tahun ini: 163

Registered: Feb 4, 2021

Profle

Aleks Waine

Kades Hurun Caci Maki Wartawan Saat Konfirmasi Dana Desanya
Proyek Pengendalian Banjir di Sungai Bottoe Barru Diduga Gunakan Material Ilegal
Investor Dukung Program  Pemberdayaan Ekonomi  Masyarakat Pesisir Sendang Biru 
PSDKP Selayar Serahkan 4 Orang Pelaku Bom Ikan ke Kejari

Follow Us

Recommended Posts

Polres Morowali Amankan  RN Dan ZI  Curi Kotak Amal Masjid
Tuntut Referendum, KNPB Bersama 110 Organisasi Menolak Pengesahan RUU Otsus Jilid II Untuk Papua
Jalin Sinergitas Dengan Wartawan, Danlanal Palu Ajak Ngopi Bareng
Ketua FKUB Morowali Kutuk Keras Bom Buduh Diri Gereja Katedral Makassar
Dikbud Kabupaten Morowali Gelar Finalisasi Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah